Hotel.Co.Id, Solusi Cari Hotel Murah Terbaik Dimana pun Kamu Berada

19/06/2023 ⸳ Alif Syuhada ⸳ Baca 16 menit
#Blog Competition 
blog-post-illustration

Bagikan

*sumber gambar: unsplash

Bekerja secara mobile, alias berpindah-pindah tempat, sudah menjadi salah satu budaya kerja yang lazim pada zaman sekarang. Biasanya, kerja semacam ini tidak bisa selesai hanya dalam waktu satu hari saja, melainkan minimal dua hari atau lebih. Maka, sudah pasti kita harus mencari penginapan atau hotel untuk bermalam atau dijadikan basecamp sementara selama kita berkegiatan di satu daerah.

Menginap di hotel tak hanya menjadi ciri khas orang-orang yang suka travelling atau staycation saja lho? Bahkan, mereka yang berprofesi menjadi supir logistik perusahaan, sales besar, atau pedagang komoditi hasil bumi juga kerap menginap di hotel. Mereka butuh penginapan untuk melepas lelah perjalanan panjang, bukan untuk liburan. Maka, mereka bisa jadi akan lebih sering menginap di hotel.

Contohnya, para pedagang hasil bumi seperti bawang merah dan cabe. Biasanya, para pengepul besar komoditi bumbu dapur itu tidak berjualan di dalam satu kabupaten, melainkan bisa sampai antar provinsi bahkan juga sampai antar pulau.

Pedagang bawang merah dari Bima (NTB) biasanya menjual hasil bumi mereka ke pulau Jawa, khususnya di Jawa Timur, sebab Jawa menjadi market besar yang mampu menyerap semua hasil panen mereka. Perjalanan para pedagang itu tentu memakan waktu berhari-hari, menyeberang lautan, melewati pulau bali, hingga tiba di pulau Jawa dan menjualnya ke pengepul besar.

Begitu pula dengan pedagang cabe dari Sulawesi atau pedagang kelapa dari Sumatera. Mereka biasanya menjual hasil buminya ke Pulau Jawa dan menempuh perjalanan panjang, menyebrangi lautan, bernegoisasi dengan pengepul besar di pasar hingga urusan pembayaran. Semua rentetan pekerjaan ini kadang baru rampung dalam rentang satu minggu, kemudian baru bisa pulang ke kampung halaman.

Mereka yang berprofesi sebagai sales, pengirim logistik perusahaan, dan sejenisnya juga sering bekerja hingga berhari-hari di luar kota. Hampir sama dengan pedagang hasil bumi.

Sebagai pengusaha atau pekerja keras, mereka tentu suka menginap di hotel dengan harga terjangkau sebab keperluannya hanya sekadar beristirahat. Bukan untuk diuplod ke Media Sosial (Medsos). Jadi, tidak perlu hotel-hotel yang instagramable. Selain itu, hotel dengan harga terjangkau dapat menekan pengeluaran akomodasi sehingga dapat menambah isi kantong ketika pulang ke rumah.

Mengutip dari Katadata.co,id menyebut bahwa berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), (Tingkat Penghunian Kamar) TPK hotel bintang di Indonesia mencapai 47,83% pada Februari 2023, atau naik sebesar 2,97 poin dibandingkan pada bulan sebelumnya (44,86%.)
TPK hotel bintang pada Februari 2023 juga meningkat 9,29 poin dibanding tahun sebelumnya (year-on-year/yoy) yang hanya mencapai 38,54%.

Apa kelebihan menginap di hotel bagi para pekerja?

Menginap di hotel jelas lebih nyaman. Rasa nyaman membuat istirahat kita jadi berkualitas sehingga tubuh terasa lebih bugar. Rasa nyaman di hotel tak lepas dari fasilitas-fasilitas yang tersedia, mulai dari kelengkapan peralatan tidurnya, lalu fasilitas pendingin AC, kamar mandi, Wifi gratis, TV hingga fasilitas hiburan, restoran, dan view hotel yang indah. Tempatnya bersih dan kita bisa mendapatkan pelayanan dari petugas hotel.

Selain lebih nyaman, menginap di hotel itu juga lebih aman dan tenang. Mengapa? Sebab hotel punya fasilitas keamanan yang lengkap. Mulai dari ada petugas Securty yang berjaga selama 24 jam, lalu ada kamera CCTV, kunci kamar, dan lokasinya yang strategis untuk memanggil bantuan keamanan. Selain itu, tidak sembarang orang bebas masuk hotel karena ada petugas hotel yang mengawasi secara administratif.

Ketika menginap di hotel, kita tak perlu khawatir dengan barang-barang berharga kita. Sangat kecil kemungkinan barang-barang kita dicuri atau dirampok. Beda cerita bila menginap dalam mobil atau malah begadang di warung kopi pinggir jalan sampai pagi hari.

Teman saya yang bergelut dalam bisnis komoditi hasil bumi pernah cerita bahwa hotel bisa menjadi pilihan tempat yang aman untuk istirahat selepas bertransaksi. Coba bayangkan, kamu habis jualan komoditi hasil bumi sebanyak satu truck dengan total nilai ratusan juta rupiah, apa kah kamu bisa tenang bila istirahat di warung kopi pinggir jalan pada malam hari? Tentu yang ada overthinking dan merasa was-was bukan? Beda cerita bila menginap di hotel. Kamu tinggal kunci pintu dan tidur pulas. Aman!

Selain recommended buat para pekerja, hotel murah juga dapat diandalkan untuk menyelenggarakan acara luar kota dengan budget minim. Biasanya, acara semacam ini adalah jenis kegiatan sosial-kemasyarakatan yang bersifat swadaya. Seluruh biaya acara mengandalkan donasi dan iuran sukarela dari para anggotanya. Jenis kegiatan semacam inilah yang akhir-akhir ini saya sering terlibat.

Tepat bulan lalu (Mei 2023), saya pernah mengadakan acara pengajian dengan konsep motivasi kehidupan. Namanya “Sekolah Kehidupan” (SKH). Menurutku, pengajian ini sangat membantuku dalam mengatasi krisis-krisis kehidupan, sehingga aku bisa melewati masa-masa sulit. Kapan-kapan aku buatkan konten khusus tentang acara ini. Intinya, selang beberapa kali terlibat dalam acara “Sekolah Kehidupan” aku pun diminta untuk menjadi bagian dari tim. Lalu, turut membantu penyelenggaraan acara di Pemalang, Jawa Tengah pada Mei 2023 lalu. Ini adalah acara yang ketiga kalinya diselenggarakan di Pemalang.

Aku jadi teringat, ketika pertama kali hendak menyelenggarakan Sekolah Kehidupan pada Februari 2023 di Pemalang, seluruh tim tidak ada yang paham betul daerah tersebut. Termasuk aku juga. Sebab sebagian besar personalia tim berasal dari daerah Salatiga dan Yogyakarta. Jadi, kami tidak tahu mana tempat yang cocok digunakan untuk penyelenggaraan kegiatan-kegiatan kami.

Untungnya, ada salah satu key person di Pemalang yang kebetulan menjadi peserta dan siap menyukseskan acara di Sekolah Kehidupan di Pemalang. Kebetulan, beliau juga punya chanel pemilik hotel yang bisa memberi harga sewa yang terjangkau oleh keuangan organisasi. Akhirnya, penyelenggaraan acara di Pemalang pun bisa tetap dilangsungkan. Alhamdulilah!

Coba bayangkan bila tidak ada satu pun orang yang tahu rekomendasi hotel di daerah Pemalang, maka bakal lebih susah mempersiapkan acara. Tim harus melakukan survey terlebih dahulu, mencari kesana-kemari, dan bertanya satu per satu hotel di sana untuk menentukan hotel apa yang paling terjangkau.

Meski dalam tim ada orang lokal daerah, tapi belum tentu lho mereka paham soal hotel di daerahnya. Contohnya ya saya sendiri. Meski berdomisili di Salatiga, saya tidak paham hotel-hotel di Salatiga. Maka bila ada yang bertanya soal hotel, jelas saya akan kebingungan menjawabnya. Hal inilah yang pernah saya alami.

Saya pernah ditanya oleh salah satu peserta dalam suatu kesempatan acara di Salatiga, dimana lokasi menginap yang bagus di Salatiga? Saya tentu gelagapan menjawabnya. Akhirnya, saya pun mencoba mencari tahu di Google. Namun, mencari hotel murah dan terbaik itu memerlukan beberapa tips tertentu.

Beberapa Tips Mendapatkan Hotel Murah & Cepat

1. Membeli Hotel Jauh-Jauh Hari

Cara untuk mendapatkan harga kamar hotel murah adalah dengan memesan tiket jauh-jauh hari, misalnya seminggu sebelum tanggal check-in. Jangan memesan hotel untuk besok atau pada hari itu juga. Mengapa?

Ya, sebab harga hotel umumnya akan semakin meningkat bila semakin dekat dengan tanggal check-in. Selain itu, tipe kamar yang bisa dipilih pun semakin sedikit dan bahkan mungkin hanya tersisa tipe kamar yang mahal. Beda bila kamu memesan jauh-jauh hari, maka masih banyak tipe kamar murah yang belum di-booking.

2. Mencari Hotel yang Baru Diresmikan atau Menawarkan Promo

Biasanya, hotel yang baru berdiri akan memberikan promo dan diskon besar-besaran untuk menarik pengunjung agar menginap di tempatnya. Otomatis harga sewa kamar hotel pun jadi jauh lebih murah. Nah, kesempatan ini bisa kamu manfaatkan.

Selain mencari hotel yang baru berdiri, kamu bisa mencari hotel murah di berbagai situs-situs penjualan hotel online yang sedang menawarkan diskon, berbagai promosi menarik, termasuk potongan harga menginap.

Kamu juga bisa mengikuti event flash sale untuk mendapatkan diskon atau promo harga tiket hotel. Tapi, kamu harus memastikan koneksi internetmu lancar agar dapat merebut diskon flash sale. Kamu harus jeli & tetap update sebab hotel kadang memberikan promo-promo pada waktu tertentu saja.

3. Ajak Teman & Manfaatkan Paket Perjalanan Wisata

Cara lain untuk mendapatkan harga kamar hotel murah adalah dengan mengajak teman atau saudara. Nah, biaya kamar pun bisa ditanggung berdua, bayarnya bisa patungan. Menginap secara berkelompok adalah hal yang sering saya lakukan bersama tim ketika menyelenggarakan acara sosial-kemasyarakatan di luar kota. Jadi, biaya akomodasi pun bisa ditekan jadi jauh lebih murah.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan paket perjalanan wisata yang dijual oleh agen, baik secara online maupun offline. Biasanya, kamu akan mendapatkan harga kamar hotel lebih murah ketika membeli paket perjalanan yang sudah termasuk dengan tiket pesawat, kereta, atau penyewaan mobil dibandingkan ketika membayar item-item tersebut secara terpisah.

4. Menginap di Hotel Selama Periode Low Session

Seperti jenis layanan lainnya, bisnis akomodasi seperti perhotelan juga memiliki masa-masa sepi pelanggan (low season) dan masa rame (peak season). Hotel akan mengalami periode low season ketika masyarakat cenderung tidak berpergian. Akhirnya, tempat-tempat tertentu pun menjadi sepi. Hotel dan penginapan juga turut sepi. Lebih sepi dari bulan-bulan lainnya.

Nah selama low season, harga hotel umumnya cenderung turun karena mereka berusaha untuk menarik minat atau perhatian pelanggan. Maka, harga kamar pun menjadi jauh lebih murah selama periode tersebut. Kamu pun bisa memanfaatkannya.

5. Memanfaatkan Kartu Kredit

Kartu kredit bisa menjadi salah satu cara lain untuk mendapatkan tiket hotel murah. Mengapa? Sebab ada diskon dan beragam promo menarik saat bertransaksi melalui kartu kredit, tak terkecuali saat membeli tiket hotel. Biasanya, bank-bank penyedia kartu kredit menyediakan fitur yang bisa mengonversi nilai transaksi menjadi miles atau poin. Nah, miles atau poin inilah yang dapat ditukarkan menjadi potongan harga tiket hotel, meng-upgrade tipe kamar hotel, atau bahkan bisa berkesempatan untuk menginap gratis.

Semakin banyak kamu bertransaksi menggunakan kartu kredit, maka semakin banyak pula poin yang dapat kamu miliki. Lalu, kamu bisa memanfaatkan poin-poin tersebut untuk membeli tiket hotel termurah.

6. Membeli Tiket Hotel melalui Travel Agen

Biasanya, memesan kamar hotel melalui layanan penyedia hotel, seperti travel agent, harganya bisa lebih murah daripada memesannya langsung di hotel. Kok bisa?

Ya, itu wajar terjadi sebab pihak hotel sudah bekerjasama dengan layanan penyedia hotel dan mengatur harga agar konsumen mendapatkan harga yang lebih murah. Apakah pihak hotel tidak rugi? Tentu tidak, sebab pihak hotel malah akan diuntungkan dengan pemasaran tiket oleh layanan tersebut. Semakin murah harga tiketnya, semakin tinggi pula peluang orang orang yang akan menginap di hotel tersebut. Lalu, kamu sebagai konsumen pun juga akan diuntungkan dengan tiket hotel murah.

7. Memanfaatkan Situs Hotel.Co.Id

Ini adalah cara paling simpel untuk mencari hotel murah terdekat, yakni dengan menggunakan situs hotel.co.id. Melalui situs ini, kamu tak perlu ribet lagi saat mencari hotel dimana pun berada maupun di sekitar lokasi-lokasi populer seluruh dunia.

Situs ini cukup praktis digunakan. Ketika hendak mencari hotel, kamu tinggal memasukkan alamat atau nama hotel tertentu di kolom pencarian situs. Misalnya, ketika saya ketik keyword “Salatiga” maka muncullah deretan hotel murah terbaik di kota Salatiga dan sekitarnya. Lalu, tertulis pula informasi harga terendah “mulai dari Rp187,000.”

*klik di sini untuk ikut lomba

Hotel.co.id, Situs Cari Hotel Murah dan Terbaik

Mengapa situs hotel.co.id bisa membantu kita cari hotel terdekat dan terbaik? Menurutku karena fitur yang dimiliki oleh situs ini.

Pertama, fitur “Filter” yang berfungsi untuk mengatur pencarian hotel sesuai dengan kebutuhanmu sehingga pencarian menjadi lebih spesifik dan menyingkat waktumu dalam memilih hotel.

Melalui fitur ini, kamu bisa mengatur pencarian hotel berdasarkan: (1) jumlah bintangnya, dan (2) berdasarkan rentang harga minimal hingga maksimal kamar hotel, sesuai dengan budget yang kamu miliki. Jika sudah, maka hotel dengan kategori yang kamu pilih akan muncul secara otomatis, berderet sampai bawah.

Lalu kedua, ada fitur “Urutkan” dimana kamu bisa mengkhususkan pencarian hotel berdasarkan kategori; (1) paling populer, (2) harga terendah, dan (3) harga tertinggi. Jika sudah, maka hotel dengan kategori yang telah kamu pilih akan muncul secara otomatis. Praktis bukan?

Lalu, informasi apa saja yang dapat kita peroleh dari situs ini?

  1. Foto-foto hotel mulai dari kamarnya, lalu ruang makan, kolam renang, halaman depan, taman, desain bangunan, hingga view alam sekitar.
  2. Informasi umum tentang hotel seperti kelas bintang hotel, alamat lengkap, jumlah kamar, jumlah lantai hotel, fasilitas-fasilitas seperti kolam renang, taman, WiFi, AC, Kulkas Mini, TV dsb, informasi jam check-in dan check-out, hingga profil singkat hotel.
  3. Informasi harga kamar hotel, pelayanan tamu, aksesibilitas, dan transportasi.
  4. Informasi alamat hotel yang sudah terintegrasi langsung dengan Google Maps. Jadi, kamu akan dipandu oleh Google Maps sehingga lebih mudah untuk sampai ke lokasi hotel terdekat.
  5. Lalu, ada kolom ulasan di paling bawah laman dimana kamu bisa membaca review, pengalaman, kesan, dan pesan orang-orang yang pernah mengunjungi hotel tersebut. Kamu pun juga bisa membagikan pengalamanmu menginap melalui kolom tersebut.
  6. Hal yang lebih menarik lagi adalah ada “button” klaim diskon, dimana kamu bisa memperolehnya bila beruntung. Siapa tahu dapat tiket hotel gratis bukan?

Penutup

Zaman sekarang, hampir semua orang menggunakan Gadget dan internet untuk mencari informasi, termasuk informasi hotel. Cara ini dianggap lebih praktis dan cepat. Hotel.Co.Id Situs Caru Hotel Murah Terbaik sudah cukup mumpuni untuk melayani kebutuhan informasi akomodasi penginapan kamu. Dengan beragam fitur yang dimiliki, situs ini sangat bisa diandalkan untuk mencari hotel murah terbaik dimana pun kamu berada!

Tulisan lainya

Meneroka "Amalul Ilmiah" dan "Ilmu Amaliah" Deklarasi Kota Barat

Dokumentasi Tentang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah

20/12/2022 ⸳ Baca 10 menit
Meneroka "Amalul Ilmiah" dan "Ilmu Amaliah" Deklarasi Kota Barat illustration

Soedjatmoko dan Problem Pendidikan Dunia Berkembang

Berdasarkan arahan Soedjatmoko, maka orientasi pendidikan saat ini harus menjadi titik temu antar berbagai budaya, mampu mempersenyawakan antara unsur modern dan tradisional, lalu menghasilkan sintesa kreatif baru.

16/07/2022 ⸳ Baca 15 menit
Soedjatmoko dan Problem Pendidikan Dunia Berkembang illustration

Menikmati "Jeda Hidup" di Desa Wisata Menari Tanon, Kabupaten Semarang

Nikmati Jeda Hidup di Desa Menari, Tanon-Ngrawan, Getasan, Kabupaten Semarang

11/07/2023 ⸳ Baca 28 menit
Menikmati "Jeda Hidup" di Desa Wisata Menari Tanon, Kabupaten Semarang illustration

Alif Syuhada © 2021